.

Minggu, 23 September 2012

11 Makanan bikin tanpak awet muda


11 Makanan bikin awet muda

Sebagian besar orang tidak ingin tampak tua meskipun sudah berumur, mereka selalu ingin tampak lebih muda dari usia mereka, sehingga mereka mulai menerapkan diet ketat, pola makan yang sehat, berolahraga yang teratur, management stress yang disiplin, operasi plastik, dan lain sebagainya. Menurut beberapa penelitian, tumbuhan segar dipercaya dapat menyuplai kebutuhan kulit akan nutrisi jadi tidak heran jika makanan-makanan dan kosmetik anti-ageing berbahan dasar tumbuh-tumbuhan, karena tumbuhan tersebut dapat mempertahankan elastisitas kulit dan mencegah pengeriputan.

Beberapa tumbuhan bahkan mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Dapat memperbaiki tekstur kulit, menjaga elastisitas, regenerasi kulit dan membuatnya tampak segar dan sehat. Seorang ahli nutrisi Deepshikha Aggarwal merekomendasikan avokad, walnuts, sesame seeds, minyak olive untuk memenuhi kebutuhan vitamin E. Tomat dan citrus kaya akan vitamin C, sayur-sayuran berdaun hijau serta jeruk kayak akan karotin, dan semuanya itu bisa Anda masukkan ke dalam menu diet.

Berikut daftar makanan anti-ageing yang dihimpun oleh The Times Of India.

Almonds

Almond diperkaya dengan vitamin E yang sangat baik untuk kulit, rambut dan kuku. Juga dapat melindungi sel-sel dari pengaruh radikal bebas melalui polusi udara dan sinar ultra violet. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi sedusin almond setiap harinya.

Walnuts

Vitamin E merupakan kandungan terbesar dari walnuts, yang berfungsi untuk memberikan keindahan pada kulit Anda.

Mentimun

Selain disebut-sebut sebagai makanan anti-ageing, mentimun juga mampu mengatasi kulit yang kering dan kusam, karena kandungan air dan silika yang terdapat dalam mentimun mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Avokad

Buah avokad mengandung vitamin C, E dan Omega 3, yang berfungsi untuk mencegah pengeriputan, menghaluskan dan mengencangkan kulit, serta membuat kulit Anda bersinar.

Sesame

Sesame juga kaya akan kandungan vitamin E yang mampu menutrisi kulit.

Berries

Konsumsi blueberry, strawberry dan cranberry secara teratur dapat membuat kulit Anda tampak bercahaya dan kencang. Selain itu kandungan antosianin pada blueberry dapat berfungsi sebagai anti-ageing, antioksidan yang meningkatkan produksi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Teh hijau

Kandungan kafein dan antioksidanya sangat diperlukan oleh tubuh dan kesehatan kulit Anda.

Air minum

Air minum tampaknya tidak mengandung apa yang berguna bagi tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa konsumsi air minum sebanyak 2-3 liter perhari dapat mencegah kulit Anda dari pengeriputan.

Jus lidah buaya

Lidah buaya mampu membuat kulit Anda tampak lebih muda. Hanya dengan membuat jus lidah buaya setiap pagi, lalu diminum saat perut masih kosong, atau kira-kira 20-30 menit sebelum sarapan.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah makanan anti-ageing berikutnya, yang banyak mengandung vitamin E dan selenium yang meremajakan kulit Anda.

Brazil nuts

Brazil nuts kaya akan selenium, senyawa yang bergabung dengan vitamin E yang menghentikan stres dan gangguan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, serta memperlambat penuaan, karena kandungan lemaknya.

Dari berbagai macam makanan di atas, pastikan selama Anda mengonsumsinya, tidak diimbangi dengan konsumsi kafein pada kopi, karena dapat menghambat fungsi makanan anti-ageing di atas. Anda bisa menggantinya dengan teh hijau untuk minuman yang lebih menyehatkan.

sumber : http://www.merdeka.com/sehat/11-makanan-bikin-awet-muda.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More