.

Minggu, 23 September 2012

Cegah diabetes dan sakit ginjal dengan konsumsi jagung ungu


Cegah diabetes dan sakit ginjal dengan konsumsi jagung ungu


Senyawa yang terdapat pada jagung ungu ditengarai mampu mencegah penyakit diabetes tipe-2 dan penyakit ginjal, ungkap sebuah penelitian.
Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology - Renal Physiology ini meneliti khasiat jagung ungu untuk mencegah penyakit ginjal dan diabetes, seperti dilansir oleh Times of India (19/09).
Diabetes nefropati adalah salah satu penyakit komplikasi paling serius yang berkaitan dengan diabetes. Penyakit ini seringkali berujung pada munculnya penyakit ginjal stadium akhir.
Namun jangan khawatir, sebuah senyawa bernama anthocyanin atau flavonoid yang terdapat pada jagung ungu diketahui mampu mencegah penyakit tersebut. Hal ini karena kandungan zat anti diabetes yang terdapat di dalamnya.
Para ilmuwan di Department of Food and Nutrition serta Department of Biochemistry di Hallym University, Korea, meneliti aktivitas sel dan molekul anthocyanin pada jagung ungu untuk melihat bagaimana kandungan dalam makanan ini mempengaruhi perkembangan diabetes nefropati (DN).
Hasilnya, diketahui bahwa anthocyanin pada jagung ungu mampu menghambat perkembangan DN. Jagung ungu juga diketahui bisa digunakan dalam terapi untuk menyembuhkan penyakit diabetes tipe-2 serta penyakit ginjal.


Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/cegah-diabetes-dan-sakit-ginjal-dengan-konsumsi-jagung-ungu.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More