.

Minggu, 23 September 2012

6 Bahan alami untuk atasi 'morning sickness


6 Bahan alami untuk atasi 'morning sickness'

Kehamilan adalah hal yang tentu diharapkan oleh semua wanita yang telah menikah. Namun pada trimester pertama biasanya para ibu akan direpotkan dengan 'morning sickness' atau gejala mual dan muntah yang biasa terjadi pada pagi hingga siang hari. Para calon ibu tak perlu khawatir,karena 'morning sickness' bisa diatasi dengan cara alami. Berikut adalah cara mudah untuk meredakan morning sickness.
1. Jahe
Jahe sudah digunakan untuk mengatasi morning sickness sejak lama. Anda bisa mengonsumsi jahe mentah, membuatnya sebagai minuman, atau makanan yang mengandung jahe. Jahe akan membantu Anda meredakan perut yang bergejolak.
2. Peppermint
Jika Anda tidak suka mengonsumsi jahe, maka Anda bisa memakan peppermint sebagai gantinya. Peppermint juga diketahui bisa menjadi obat yang aman dan efektif untuk mengobati gejala mual dan muntah pada orang hamil. Anda bisa memakan permen peppermint, minum teh peppermint, atau menggunakan minyak peppermint.
3. Air
Air adalah obat yang paling mujarab. Survei melihat bahwa wanita hamil yang mengonsumsi segelas air satu jam sekali lebih sedikit merasakan muntah dan mual selama masa kehamilan. Minum air setelah bangun tidur atau saat Anda terbangun di malam hari juga bisa membantu memperbaiki kebugaran tubuh Anda.
4. Vitamin B6
Cukupi asupan vitamin B6 Anda untuk mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi dosis yang tepat. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin B6, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
5. Protein
Jangan pernah biarkan perut Anda kosong saat hamil. Ini akan membuat gejala morning sickness semakin parah. Gula darah yang sedikit tinggi juga bisa menambah mual dan muntah yang Anda rasakan Untuk mengatasinya, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur rebus.
6. Makanan asam
Makanan asam seperti jeruk atau lemon bisa membantu mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan. Bahkan bau lemon atau jeruk saja bisa meredakan rasa mual. Anda bisa memakan jeruk, lemon, atau jeruk limau. Anda juga bisa menggunakan buah-buahan itu untuk minuman.
Itulah enam bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala morning sickness selama masa kehamilan.


sumber : http://www.merdeka.com/sehat/6-bahan-alami-untuk-atasi-morning-sickness.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More