.

Minggu, 23 September 2012

Rahasia kebaikan oregano


Rahasia kebaikan oregano

Para pecinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan oregano. Oregano merupakan semacam tanaman yang sering digunakan untuk resep masakan ala Eropa dan Timur Tengah. Dalam penggunaannya, daun oregano bisa disajikan mentah maupun dikeringkan terlebih dahulu.

Tahukah Anda bahwa di balik citarasa unik oregano, rempah ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam beberapa kasus, oregano juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Simak rahasia kebaikan oregano yang lain seperti yang dilansir dari India Times (07/03) berikut ini.

Kekebalan tubuh
Daun oregano mengandung zat besi, mangan, dan vitamin A. Mengonsumsi oregano segar secara rutin pun mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Pencernaan
Senyawa thymol dan carvacol dalam oregano bermanfaat dalam sistem pencernaan dan mengobati gangguan perut. Caranya adalah dengan meminum segelas air yang telah dicampur bersama dua sampai tiga tetes minyak oregano.

Menstruasi
Oregano juga dikenal sebagai pereda nyeri ketika menstruasi. Anda cukup mengunyah beberapa lembar daun oregano segar selama tiga kali dalam sehari untuk mengurangi nyeri datang bulan.

Obat demam
Ketika mengalami demam tinggi, oregano juga bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh Anda. Cukup campurkan beberapa tetes minyak oregano bersama segelas air dan minum tiga hingga lima hari ke depan.

Antibakteri
Kebaikan terakhir dari oregano yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan antibakteri dan antivirus yang ada pada minyak oregano. Anda pun bisa menggunakan minyak oregano untuk mengobati infeksi kulit.

Setelah mengetahui berbagai rahasia kebaikan oregano, mulai sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi tanaman rempah berdaun mungil ini!

sumber : http://www.merdeka.com/sehat/rahasia-kebaikan-oregano.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More