.

Minggu, 23 September 2012

Makanan favorit Popeye ampuh melawan demensia


Makanan favorit Popeye ampuh melawan demensia


Ada kabar baik bagi Anda yang mencintai makanan favorite Popeye alias bayam. Sebab para peneliti telah menemukan kaitan antara kadar vitamin C dan beta-carotene yang rendah dengan demensia. Jadi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, seperti bayam, wortel, dan aprikot, mampu membantu melawan gejala penyakit demensia.
Seperti yang dilansir dari Daily Mail (13/09), peneliti dari University of Ulm, Jerman, menganalisis perbedaan 74 pasien Alzheimer ringan dan 158 orang sehat.
Koresponden yang dianalisis berusia 65-90 tahun. Mereka melalui pemeriksaan saraf dan menjawab beberapa pertanyaan tentang gaya hidup. Selain itu, BMI (body mass index) mereka juga diukur.
Hasilnya, peneliti menemukan konsentrasi serum pada antioksidan vitamin C dan beta-carotene yang tergolong ringan pada penderita demensia. Sementara itu, pasien tidak menunjukkan gejala kekurangan vitamin E, lycopene, dan koenzim Q10.
"Penelitian jangka panjang dengan lebih banyak koresponden perlu dilakukan untuk memastikan bahwa vitamin C dan beta-carotene memang ampuh mencegah demensia dan Alzheimer," terang Dr Gabriele Nagel, salah satu peneliti.
Vitamin C biasanya ditemukan dalam buah jeruk. Sementara beta-carotene ada di dalam wortel, bayam, dan aprikot.
Penelitian tentang khasiat bayam, wortel, dan aprikot dalam melawan demensia ini pun telah dilaporkan dalam Journal of Alzheimer's Disease.
Sementara itu, sebelumnya juga ada penelitian yang menyebutkan bayam memang ampuh membuat otot lebih kuat. Jadi badan Popeye yang berotot setelah makan bayam di dalam film kartun itu seolah memang benar adanya.

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/makanan-favorit-popeye-ampuh-melawan-demensia.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More